Asus Eee PC 1215B (E450)


Bookmark and Share
Dipompa Turbo Core

Diperkuat prosesor AMD E450 dan feature Turbo Core, netbook berukuran 12 inci ini menawarkan perbaikan kinerja dibanding versi sebelumnya yang menggunakan prosesor E350.


Setelah prosesor E350 memprakarsai jajaran chip fusion AMD berplatform Brazos pada bulan Januari silam, pada kuartal ketiga 2011 ini AMD memproduksi tipe berikutnya, E450. Perkembangan ini sesuai dengan roadmap yang dipaparkan AMD di akhir tahun lalu.

Arsitektur E450 sebenarnya sama saja dengan E350. Nama kodenya pun masih serupa: Zacate. Namun, tipe ini mengalami penambahan kecepatan clock menjadi 1,65 GHz. Selisihnya mungkin tidak terlalu signifikan dengan E350 yang berkecepatan 1,6 GHz. Akan tetapi, perbaikan bisa kita temukan pada kartu grafis yang tersemat di dalamnya, yakni Radeon HD6320. Komponen ini mampu dipompa sampai clock 600 MHz berkat keberadaan feature Turbo Core. Selain itu, E450 telah mendukung memori DDR3-1333 (berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya mendukung memori DDR3-1066). 

Pertanyaannya, seberapa besar efek perbaikan-perbaikan ini terhadap kinerja sistem? Kebetulan, kami memperoleh kesempatan menguji Asus Eee PC 1215B yang sudah diperkuat E450. Sebagai informasi, netbook ini pernah kami uji pada edisi September lalu, yang kala itu masih menggunakan E350.
Dari tampilan luar, tidak ada perubahan berarti dari Asus 1215B. Sekujur bodinya dibalut lapisan matte yang cukup rentan terhadap jejak jari yang berkeringat atau berminyak. Keyboard bergaya chiclet memuat tuts-tuts berukuran cukup lega dan nyaman digunakan untuk standar netbook. Di sisi kiri, terdapat satu porta HDMI, sementara di sisi kanan, tersedia sebuah porta USB 3.0. Satu hal yang kami kurang sukai adalah clickpad yang hanya terdiri dari satu bilah (tanpa pembeda kiri dan kanan) dan agak keras ketika diklik. 

Kembali ke pertanyaan semula, kami menguji E450 dengan beberapa aplikasi benchmarking. Pada uji PCMark yang berkaitan dengan kinerja sistem, tercatat skor 1509. Kami perkirakan, angka yang tidak terlalu tinggi ini diakibatkan kapasitas memori yang hanya sebesar 2 GB.
Peningkatan baru terlihat pada uji grafis. Kartu grafis HD6320 meraih skor lebih tinggi dibanding HD6310 milik E350. Memutar film Full-HD juga bisa dilakukan produk ini secara lancar, meski sesekali terasa patah-patah di beberapa bagian. Namun, clock APU E450 yang sedikit lebih tinggi juga berakibat daya tahan produk ini sedikit menurun dibandingkan versi sebelumnya.
(Erry FP)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar